Download Games Terbaru & Tutorial Android

Wednesday 23 November 2016

Cara Menghemat Kuota Internet Android Menggunakan Google Chrome

Cara Menghemat Kuota Internet Android Menggunakan Google Chrome - Pernah gak sih sobat saat sedang asik berselancar di internet menggunakan smartphone android tetapi boros kuota. jika pernah, maka sobat tidak mengalami seaorang diri (saya malah sering Sob ). pasti sedih donk, saat kita beli paketan internet mahal-mahal tapi habis dengan cepatnya. tapi gak perlu sedih juga sih, karena memang sudah menjadi resiko yang hobi berselancar di dunia maya ini.
Cara Menghemat Kuota Internet Android Menggunakan Google Chrome
Cara Menghemat Kuota Internet Android Menggunakan Google Chrome
Sebenarnya banyak cara tentang menghemat kuota internet android yang betebaran di internet yang bisa sobat praktekan. akan tetapi pada artikel ini saya akan share menghemat data android dengan google chrome. pasti sobat sudah tidak asing lagi kan dengan aplikasi browser mobile yang bernama google chrome ini? kalo yang belum tau yang berarti sobat gaptek pake banget, hehe (PIS).
Baca Juga: Cara Memindahkan Aplikasi Game Android ke Eksternal SD Card
Menghemat data menggunakan google chrome bisa terbilang ampuh loh sob, eh gak percaya nih? coba ndiri aja deh, hehe. betul kok, saya sudah coba soalnya dan hasilnya lumayan lah bisa menghemat kuota internet dan tidak boros. penasaran bagaimana sih cara mengehemat kuoata dengan google chrome, simak deh sampai selesai.

Menghemat Kuota Internet Android Dengan Google Chrome

Salah satu cara menghemat data internet android adalah dengan melakukan kompresi data. Dengan melakukan kompresi data maka penghematan kuota internet bisa mencapai 50 %. Artinya fitur kompresi data ini menjadi solusi dan sangat tepat untuk meminimalisir penggunaan kuota yang kadang sangat terbatas. Sayangnya, cara ini hanya berlaku untuk Google Chrome versi smartphone Android dan iOS.

Yang dilakukan Google Chrome versi Android dan iOS untuk menghemat kuota internet adalah dengan cara menggabungkan proses proxy dan kompresi gambar. Pada laman web yang sobat akses, akan terlebih dulu masuk ke server proxy Google.Selanjutnya, gambar yang ada di laman web yang biasanya berformat JPEG dan PNG akan dikompres ke dalam format WebP (belum pernah denger ya gan ?). Itu format baru buatan si mbah Google yang gunanya untuk menampilkan sebuah gambar yang berkualitas tinggi layaknya JPEG dan PNG tapi memiliki ukuran file yang lebih kecil dibanding JPEG dan PNG. Karena nantinya semua gambar dikompres ke dalam format WebP, maka jumlah data laman web yang diakses tadi bisa turun hingga 50%.

Langkah-langkahnya untuk menghemat kuota internet pada Google Chrome, yaitu sebagai berikut :
  • Buka aplikasi Chrome kemudian pilih Settings – Bandwidth  Management – ubah opsi Reduce Data Usage dari OFF menjadi ON.
Catatan:  Pastikan Google Chrome sobat sudah di-update ke versi terbaru!
Nah bagaimana sobat, simple bukan. jadi sobat sekarang bisa menghemat data atau kuota android, dengan menghemat semuanya akan terasa berwarna, hhehe. nah saya rasa untuk artikel tentang Cara Menghemat Kuota Internet Android Menggunakan Google Chrome sudah sangat jelas, maka dari itu saya ahiri artikel ini, jika sobat masih belum paham, silakan bertanya di kolom komentar. terimakasih banyak.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menghemat Kuota Internet Android Menggunakan Google Chrome

0 comments:

Post a Comment