Pengertian Puisi

Pengertian Puisi, Puisi merupakan sebuah karya seni yang bersifat puitis. Puisi adalah suatu bentuk komunikasi yang disampaikan dengan cara khas dan menolak sesuatu yang rutinitas atau umum (Suharianto 2000:5). Puisi adalah bentuk pemadatan kata yang bernilai seni atau indah.

Dalam menulis puisi, penyair memilih kata-kata yang dirasa tepat, disusun dengan cara sebaik-baiknya, misalnya seimbang dan simetris, antara satu unsur dengan unsur yang lainnya dan unsur-unsur tersebut memiliki hubungan yang sangat erat. Penyair dalam menciptakan puisi harus memikirkan bunyi yang merdu seperti musik dalam puisinya, kata-kata yang disusun begitu indah hingga yang menonjol adalah rangkaian bunyinya yang merdu seperti musik, yaitu dengan mempergunakan orkestra bunyi sehingga puisi bersifat musikal. Selain itu, puisi adalah peringatan perasaan imajinatif, yaitu perasaan dibuat - buat atau diangankan. Adapun untuk mengemukakan bahwa puisi itu lebih merupakan peringatan perasaan yang bercampur benar dan artistik, maka untuk menentukan keartistikannya, emosional dan berirama bisa dilihat dengan kiasan, aliran, dan disusun secara artistik, dan bahasanya penuh perasaan.

Berdasarkan dari pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa puisi adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, rima, matra serta penyusunan larik dan bait. Keindahan puisi terletak pada persamaan bunyi dan iramanya. Hasil cipta manusia, yang terdiri atas beberapa baris, yang memperlihatkan pertalian makna yang membentuk bait.


Lihat Selengkapnya Disini



artikel sebelumnya Kaitan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Standar kompetensi Mengukur Dengan Menggunakan Alat Ukur Berskala
Ranking: 5
 
© Download Gratis Area All Rights Reserved