Tahap-­tahap Penelitian

Pada umumnya suatu penelitian dapat diperinci dala tujuh tahap yang satu sama  lain   saling   bergantung   dan   berhubungan.   Dengan   kata   lain   masing­masing   tahap   itu  saling mempengaruhi dan dipengaruhi oleh tahap­tahap yang lain. Kesadaran terhadap  keadaan ini membuat seorang peneliti lebih bijaksana dalam mengambil keputusan pada  setiap tahap penelitian. Adapun tujuh tahap itu sebagai berikut :
a. Perencanaan.
Perencanaan meliputi penentuan tujuan yang ingin dicapai oleh suatu penelitian dan  merencanakan   strategi   umum   untuk   memperoleh   dan   menganalisa   data   bagi  penelitian itu. Hal ini harus dimulai dengan memberikan perhatian khusus terhadap  konsep.dan   hipotesis   yang   akan   mengarahkan   peneliti   yang   bersangkutan   dan  penelaahan   kembali   terhadap   literatur   termasuk   penelitian   yang   pernah   dilakukan  orang   sebelumnya   yang   berhubungan   dengan   judul   dan   masalah   penelitian   yang  bersangkutan. Tahap ini merupakan tahap penyusunan “term of reference” (TOR). b. Pengkajian secara teliti terhadap rencana penelitian. Tahap ini merupakan pengembangan dari tahap perencanaan. Di sini disajikan lagi  latar belakang penelitian, permasalahan, tujuan penelitian, hipotesis serta metode atau  prosedur analisis dan pengumpulan data. Tahap ini meliputi pula penentuan macam  data yang diperlukan untuk mencapai tujuan pokok penelitian. Tahap ini merupakan  tahap penyusunan usulan proyek penelitian.
c. Pengambilan contoh (sampling).
Ini adalah proses pemilihan sejumlah unsur / bagian tertentu dari suatu populasi guna  mewakili seluruh populasi itu. Dalam tahap ini peneliti harus secara teliti membuat  definisi  atau  rumusan  mengenai   populasi  yang   akan  dikaji.  Rencana  pengambilan  contoh   itu   terdiri   dari   prosedur   pemilihan   unsur­unsur   populasi   dan   prosedur  menjadikan atau mengubah data dari hasil sampel untuk memperkirakan sifat­sifat  seluruh   populasi.   Tantangan   yang   harus   dihadapi   dalam   penyusunan   rencana  pengambilan   contoh   ini   adalah   bagaimana   kita   dapat   mengikuti   sedemikian   rupa  prosedur yang kita miliki dengan keadaan setempat dan dengan sumber daya yang  tersedia   sementara   tetap   mempertahankan   kebaikan   atau   keuntungan   dari   sample  survey.
d. Penyusunan daftar pertanyaan.
Ini merupakan proses penterjemahan tujuan­tujuan studi ke dalam bentuk pertanyaan  untuk mendapatkan jawaban yang berupa informasi yang dibutuhkan. Sebenarnya ini  merupakan proses coba­coba (trial and error) yang membutuhkan waktu yang cukup  lama. Hal yang perlu diperhatikan adalah jumlah dan macam pertanyaan serta urutan  dari masing­masing pertanyaan. Tidak ketinggalan pula adalah upaya bagaimana agar  orang­orang   yang   diwawancarai   (responden)   dengan   senang   hati   mau   menjawab  pertanyaan­pertanyaan yang diajukan dan tetap senang dalam memberikan jawaban­ jawaban.
e. Kerja lapangan. 
Tahap   ini   meliputi   pemilihan   dan   latihan   para   pewawancara,   bimbingan   dalam  wawancara serta pelaksanaan wawancara. Ini dapat meliputi pula berbagai tugas yang  berhubungan dengan pemilihan lokasi sampel dan pretesting daftar pertanyaan. Kerja  lapangan   ini   tidak   akan   diperlukan   bila   kita   menggunakan   cara   wawancara   lewat  telepon atau surat.
f. Editing dan coding. 
Coding adalah proses memindahkan jawaban yang tertera dalam daftar pertanyaan ke  dalam berbagai kelompok jawaban yang dapat disusun dalam angka dan ditabulasi.  Editing   biasanya   dikerjakan   sebelum   coding   agar   pelaksanaan   coding   dapat  sesederhana mungkin. Editing juga meneliti lagi daftar pertanyaan yang telah diisi  apakah yang ditulis di sitibenar atau sudah sesuai dengan yang dimaksud.
g. Analisis dan laporan. 
Ini meliputi berbagai tugas yang saling berhubungan dan terpenting pula dalam suatu  proses penelitian. Suatu hasil penelitian yang tidak dilaporkan atau dilaporkan tetapi  dengan cara yang kurang baik tidak akan ada gunanya. Tugas yang dikerjakan pada  tahap ini ialah penyajian tabel­tabel dalam bentuk frekuensi distribusi, tabulasi sialng  atau   dapat   pula   berupa   daftar   yang   memerlukan   metode   statistik   yang   kompleks  kemudian interpretasi dari penemuan­penemuan itu atas dasar teori yang telah kita  ketahui.


Download file aslinya disini

artikel sebelumnya karakteristik penelitian
Ranking: 5
 
© Download Gratis Area All Rights Reserved