Proses dan Hasil belajar

Proses dan Hasil belajar Merupakan suatu gambaran prestasi belajar siswa dalam mengikuti proses
belajar mengajar pada suatu jenjang yang diikutinya. Istilah hasil belajar
berasal dari bahasa Belanda “prestatie” dalam bahasa Indonesia menjadi
prestasi yang berarti hasil usaha.
Sudjana (dalam Jihad, 2008:15) berpendapat bahwa hasil belajar
merupakan kemampuan siswa setelah siswa tersebut memperoleh pengalaman
belajar. Kegiatan belajar meliputi proses berpikir yang melibatkan kegiatan
mental, berawal dari penyusunan hubungan informasi-informasi yang diterima
sehingga timbul pemahaman dan penguasaan terhadap materi yang diberikan.
Dari sisi guru, tindak mengajar diakhiri dengan proses evaluasi hasil belajar,
sedangkan dari sisi siswa, hasil belajar merupakan puncak proses belajar yang
merupakan bukti dari usaha yang telah dilakukan yang dicapai dapat berupa
ranah kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan psikomotorik
(keterampilan), yang semuanya itu tercermin dalam hasil belajar siswa yaitu
suatu perubahan tingkah laku yang dapat diamati dan di ukur dalam bentuk
perubahan pengetahuan sikap dan keterampilan. Perubahan tersebut dapat
diartikan terjadinya peningkatan dan pengembangan yang lebih baik
dibanding dengan sebelumnya, misalnya dari tidak tahu menjadi tahu, sikap
kurang sopan menjadi sopan, dan sebagainya (Oemar Hamalik 2003:155).
Soedijarto (2007: 49) mendefinisikan hasil belajar adalah “tingkat
penguasaan yang dicapai oleh pelajar dalam mengikuti program belajar
mengajar sesuai dengan tujuan yang ditetapkan”.
Sedangkan Syamsudin (2002:156) Mengemukakan bahwa “hasil belajar
merupakan perubahan yang diharapkan terjadi pada perilaku dan pribadi siswa
setelah mengalami dan melalui proses belajar"
Sementara itu, untuk pemilihan media, Dale,Edgar dalam Sadiman et al.
(2003:7) mengklasifikasikan pengalaman menurut tingkat dari yang paling
konkrit sampai ke yang paling abstrak. Klasifikasi ini kemudian dikenal
dengan nama kerucut pengalaman (Cone of experience).
Kerucut pengalaman yang dimaksud adalah sebuah teori tentang pola
media pembelajaran. Terdapat gambaran-gambaran yang berupa tingkatan-
tingkatan dan yang digunakan untuk memperoleh pengalaman belajar.
Pengalaman berlangsung dari tingkat yang kongkret menuju tingkatan yang
abstrak. Pada tungkatan konkret siswa belajar sendiri apa yang dialaminya.
Kemudian menuju sampai dengan tingkatan yang berada di atasnya yang
merupakan puncak kerucut. Dale menglasifikasikan pengalaman dari tingkat
paling konkret menuju abstrak.
Dale menjelaskan bahwa siswa lebih mudah
belajar melalui apa yang siswa bicarakan dan lakukan. Kedua cara tersebut
membuat siswa menjadi aktif dan berpartisipasi dalam belajar. Sedangkan
pembelajaran melalui membaca, mendengar, dan melihat lihat paling banyak
hanya mampu menyerap materi belajar sebanyak 50%.
Menurut pengertian hasil belajar yang dikemukakan oleh para ahli maka
yang menjadi inti dalam definisi hasil belajar adalah "perubahan". Oleh karena
itu seseorang yang melakukan aktivitas belajar dan memperoleh perubahan
dalam dirinya dengan memperoleh pengalaman baru, maka individu itu
dikatakan telah belajar.
Hasil belajar akan menumbuhkan pengetahuan dan pengertian dalam diri
seseorang sehingga ia dapat mempunyai kemampuan berupa keterampilan
dalam bentuk kebiasaan, sikap dan cita-cita hidupnya. Orang yang telah
berhasil dalam belajar akan menjadi orang yang mandiri dan dapat
meningkatkan kesejahteraan hidupnya, serta dapat menentukan arah hidupnya.
Seorang guru menilai hasil belajar siswa-siswi, sebenarnya guru tidak
hanya menilai hasil usaha muridnya saja tetapi sekaligus juga menilai hasil
usahanya sendiri. Hasil belajar berfungsi untuk dapat membantu guru dalam
menilai kesiapan anak pada suatu mata pelajaran, mengetahui status anak
dalam kelas, membantu guru dalam usaha memperbaiki metode belajar
mengajar. Selain itu hasil belajar juga digunakan oleh guru untuk memberi
laporan kemajuan murid kepada orang tua.

Download file aslinya disini

artikel sebelumnya Definisi/pengertian Belajar dan Hasil Belajar Manfaat Hasil Belajar
Ranking: 5
 
© Download Gratis Area All Rights Reserved