Penilaian Prestasi Belajar Siswa dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa

Penilaian Prestasi Belajar Siswa
Penilaian atau evaluasi pada dasarnya adalah memberikan
pertimbangan atau harga atau nilai berdasarkan kriteria tertentu. Muhibbin
Syah (2002 : 141) mengartikan bahwa ”penilaian (evaluasi) prestasi belajar
siswa sebagai proses penilaian untuk menggambarkan prestasi belajar yang
dicapai oleh siswa sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.
Penilaian prestasi belajar siswa penting dilakukan, setidaknya untuk
dua aspek (aspek guru dan siswa), ditinjau dari aspek guru, menurut Mappa
(1992 : 39) penilaian prestasi belajar siswa bertujuan sebagai berikut :
1. Untuk mengetahui tercapai atau tidaknya tujuan pengajaran, dalam hal
ini adalah tujuan instruksional khusus.
2. Untuk mengetahui keefektifan proses belajar yang telah dilakukan oleh
guru.
Adapun untuk aspek siswa, penilaian prestasi belajar bertujuan sebagai
berikut :
1. Untuk mengetahui tingkat kemajuan yang telah dicapai oleh siswa dalam
satu kurun waktu proses belajar tertentu.
2. Untuk mengetahui posisi atau kedudukan siswa dalam kelompoknya.
3. Untuk mengetahui tingkat usaha yang dilakukan siswa dalam belajar.
4. Untuk mengetahi hingga sejauh mana kapasitas kognitifnya
(kemampuan kecerdasan yang dimilikinya) untuk keperluan belajar.
5. Untuk mengetahui tingkat daya guna dan hasil guna cara belajar yang
telah digunakan dalam proses belajar.
Disamping memiliki tujuan, prestasi belajar siswa menurut Muhibbin
Syah (2002 : 149) memiliki fungsi sebagai berikut:
1. Fungsi administratif, untuk menyusun daftar nilai dan pengisian raport
2. Fungsi promosi, untuk menetapkan kenaikan atau kelulusan siswa.
3. Fungsi diagnostik, untuk mengidentifikasi kesulitan belajar siswa dan
merencanakan program remedial teaching (pengajaran perbaikan).
4. Sumber data BP untuk memasok data siswa yang memerlukan
bimbingan dan penyuluhan.
5. Bahan pertimbangan pengembangan pada masa yang akan datang yang
meliputi pengembangan kurikulum, metoda dan alat-alat proses belajar
mengajar.

2. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa
 Prestasi belajar siswa tentunya dipengaruhi oleh beberapa hal yang
dapat memberikan kontribusi positif atau negatif terhadap prestasi belajar itu
sendiri. Uzer Usman (1993 : 8) mengemukakan bahwa faktor-faktor yang
dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, antara lain:
1. faktor internal, meliputi jasmani seperti panca indera yang harus
berfungsi sebagaimana mestinya, juga faktor fisiologis intelektif
seperti kecerdasan, bakat prestasi yang diraih, kemudian faktor
psikologis non intelektif yang merupakan unsur-unsur kepribadian
individu seperti sikap, kebiasaan, motivasi, persepsi dan emosi.
2. faktor eksternal yang terdiri dari faktor sosial, budaya, lingkungan
fisik, serta lingkungan spiritual.
faktor-faktor itu bisa berasal dari
dalam atau dari luar (internal/eksternal) Dari dalam diri siswa sendiri faktor-
faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar adalah faktor fisik (nutrisi,
kesehatan dan keberfungsian fisik) dan psikis (faktor motivasi, minat,
kebiasaan belajar, suasana emosi dan kecerdasan). Sedangkan faktor dari luar
dipengaruhi oleh faktor sosial (lingkungan keluarga, lingkungan pergaulan dan
lingkungan sekolah) dan faktor non sosial (suhu, udara, waktu, suasana
lingkungan, serta kelengkapan alat dan fasilitas belajar).

Download file aslinya disini

artikel sebelumnya Pengertian Prestasi Belajar
Ranking: 5
 
© Download Gratis Area All Rights Reserved