Pengertian Sumber Belajar dan Ciri-ciri Sumber Belajar

 Pengertian Sumber Belajar
Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dialami yang membawa
kita pada pengalaman yang menimbulkan belajar yang mana pengalaman itu
cukup luas, seluas hidup itu sendiri. Hal ini sesuai dengan pengertian sumber
belajar yang dikemukakan oleh Edgar Dale (1992 : 2) yang menyatakan bahwa :
“Pengalaman itu adalah sumber belajar. Jadi sumber belajar itu begitu
luasnya, karena pada dasarnya pengalaman itu luas, seluas hidup itu
sendiri. Segala sesuatu yang dialami dapat dianggap sebagai sumber
belajar, selama memberi kita pada pengalaman yang menimbulkan
belajar.”
Pengertian sumber belajar menurut Nana Sudjana dan Ahmad Rivai
(1989:76) mengatakan bahwa: ”Sumber belajar adalah suatu daya yang bisa
dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar mengajar baik langsung atau pun
tidak langsung, sebagian atau keseluruhan.”. Sumber belajar tersebut dapat
bermanfaat dan mempermudah proses belajar sehingga apa yang menjadi tujuan
dapat tercapai secara optimal. Begitu pula menurut Ishak Abdulhak (1997:1),
bahwa : ”Sumber belajar adalah fasilitas yang dapat mempermudah peserta belajar
sehingga memperoleh pengalaman belajar yang fungsional untuk tercapainya
tujuan belajar yang telah ditetapkan.”
Pendapat lain dikemukakan oleh Association Educational Communication
and Technology (AECT), yang menyatakan bahwa sumber belajar adalah semua
sumber baik berupa data, orang dan wujud tertentu yang dapat digunkan siswa
dalam belajar, baik secara terpisah maupun terkombinasi sehingga mempermudah
siswa dalam mencapai tujuan belajar.
Dari penjelasan di atas bahwa pengertian sumber belajar sangat luas sekali
dari semula yang dapat memberikan informasi bagi siswa dan guru, dan
membantu memudahkan pembelajaran seseorang. Sumber belajar pun bisa juga
hal-hal yang sangat menarik dan menimbulkan rasa ingin tahu. Jadi apapun
bendanya, asal dapat digunakan untuk memudahkan proses pembelajaran, maka
benda itu dapat dikatakan sebagai sumber belajar.
Peningkatan kualitas pembelajaran dapat dilakukan diantaranya adalah
dengan memanfaatkan sumber belajar secara efektif karena pada hakikatnya
proses belajar adalah proses interaksi antara si pembelajar dengan sumber belajar,
sehingga untuk dapat memperoleh hasil belajar yang optimal si pembelajar harus
mempertinggi interaksinya dengan sumber belajar.

Ciri-ciri Sumber Belajar
Menurut Rohani (1997:59) cirri-ciri sumber belajar antara lain, yaitu:
1. Sumber belajar harus mampu memberikan kekuatan dalam proses
belajar mengajar, sehingga tujuan instruksional dapat tercapai secara
maksimal.
2. Sumber belajar harus mampu mempunyai nilai-nilai instruksional
edukatif yaitu dapat mengubah dan membawa perubahan yang sempurna
terhadap tingkah laku sesuai dengan tujuan yang ada.
3. Dengan adanya klasifikasi sumber belajar, maka sumber belajar yang
dimanfatkan mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
a) Tidak terorganisasi dan tidak sistematis baik dalam bentuk maupun
isi.
b) Tidak mempunyai tujuan instruksional yang eksplisit.
c) Hanya digunakan menurut keadaan dan tujuan tertentu atau secara
insidenta.
d) Dapat digunakan untuk berbagai tujuan instruksional.
4. Sumber belajar yang dirancang mempunyai ciri-ciri yang spesifik sesuai
dengan tersedianya media.

Download File Aslinya Disini

artikel yang lain Kegiatan-Kegiatan Dalam Kebiasaan Belajar
Ranking: 5
 
© Download Gratis Area All Rights Reserved