Langkah-Langkah Metode PQ4R dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman

Langkah-langkah strategi PQ4R merupakan tahapan-tahapan yang harus
dilalui oleh mahasiswa dalam memahami teks bacaan. Strategi PQ4R meliputi
enam langkah kegiatan yaitu:
a. Preview (membaca selintas dengan cepat),
Preview merupakan langkah awal dari strategi ini, kegiatan membaca
dilakukan dengan cepat dan selintas. Sesuai dengan pernyataan Slavin dalam
situs
http://userwww.sfsu.edu/~foreman/itec800/finalprojects/danabayer/studyskill
s/pq4r.htm menyatakan kegiatan yang dilakukan mahasiswa pada tahap ini
adalah “survey the material to get an idea of the general organization, major
topics. Look at heading and pictures to try to identify what you will be
reading about”.
Pada langakah ini perhatian mahasiswa tertuju pada judul bacaan, topik
utama, kalimat awal dan akhir paragraf, ringkasan bacaan dan ide pokok yang
akan menjadi intisari pembahasan bacaan. Apabila hal tersebut tidak ada,
mahasiswa dapat memeriksa setiap halaman dengan cepat dan membaca satu
atau dua kalimat disalah satu paragraf yang ada guna untuk menemukan
gambaran dari teks tersebut. Ide pokok akan mempermudah dalam
menyampaikan keseluruhan ide yang ada.
b. Question (merumuskan pertanyaan),
Langkah kedua adalah mengajukan pertanyaan tentang materi yang
telah dibaca. Hal ini sesuai dengan pernyataan Slavin dalam situs
http://userwww.sfsu.edu/~foreman/itec800/finalprojects/danabayer/studyskill
s/pq4r.html yaitu: “ask question about the material as you read it. Use
heading to ask question (who, what, why, where)”.
Pertanyaannya dapat menggunakan kata “mengapa, siapa, apa, dimana
dan mengapa”. Apabila pada akhir bacaan telah terdapat pertanyaan, bacalah
pertanyaan tersebut terlebih dahulu. Sebuah pengalaman, menunjukkan
bahwa, apabila seseorang membaca untuk menjawab sebuah pertanyaan,
maka pembaca akan berhati-hati dalam membaca.
c. Read (membaca),
Pada langkah ini mahasiswa membaca secara aktif, cermat dan teliti
untuk menjawab pertanyaan. Kegiatan ini disesuaikan dengan pernyataan
Slavin dalam situs http://userwww.sfsu.edu/~foreman/itec800/finalprojects/danabayer/studyskill s/pq4r.html bahwa “read the material. Try to answer your own question
while reading”. Selain itu mahasiswa juga diharapkan membuat catatan kecil
tentang teks yang dibaca.
d. Reflect (refleksi),
Langkah ini merupakan komponen esensial dari langkah read. Menurut
Slavin kegiatan yang dilakukan mahasiswa adalah memahami informasi,
dalam
situs
http://userwww.sfsu.edu/~foreman/itec800/finalprojects/danabayer/studyskill
s/pq4r.html dijelaskan bahwa:
“Think about the material that you just read and try to make it
meaningful by 1) relating it to things that you alreasy know about, 2)
relating the subtopics to primary topics, 3) trying to resolve
contradictions, 4) trying to use the material to solve simulated problems”.
Maksudnya, selama membaca, mahasiswa tidak cukup hanya untuk
mengingat atau menghafal saja, tetapi cobalah memahami informasi yang
dipersentasikan dengan cara (a) menghubungkan hal tersebut dengan hal yang
telah diketahui, (b) mengaitkan sub-sub topik di dalam teks dengan konsep-
konsep atau prinsip-prinsip utama, (c) memecahkan kontradiksi yang terdapat
dalam teks dan (d) gunakan materi untuk memecahkan masalah (menjawab
pertanyaan) pada pengajaran tersebut.
e. Recite (tanya jawab sendiri)
Pada langkah ini, mahasiswa diminta untuk mengingat kembali informasi
yang telah dipelajari dengan butir-butir penting dengan suara yang nyaring
dengan cara menanyakan dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tanpa melihat
bahan bacaan. Sama seperti pemaparan Slavin dalam situs http://userwww.sfsu.edu/~foreman/itec800/finalprojects/danabayer/studyskills/pq4r.html yang mengatakan bahwa “practice remembering the information by stating points aloud and asking ans answering question. Use heading,
highlighed words and notes on major edeas”.Pada langkah ini mahasiswa
dapat melihat catatan yang telah dibuat pada langkah sebelumnya.
f.
Review (mengulang secara menyeluruh)
Ini merupakan langkah terakhir dari strategi PQ4R. Pada langkah ini,
kegiatan mahasiswa adalah mengulang membaca secara keseluruhan. Sejalan
dengan itu, Slavin dalam situs http://userwww.sfsu.edu/~foreman/itec800/finalprojects/danabayer/studyskills/pq4r.html kegiatan yang dilakukan mahasiswa adalah “acvtively review the material, focusing on asking yourself question and rereading the material only when you are not sure of the answer”. Maksudnya, mahasiswa aktif meninjau kembali pertanyaan yang telah dijawab dan membaca intisari yang telah dibuat pada langkah sebelumnya dan menjawab kembali pertanyaan yang masih ragu pada jawaban dari pertanyaan.
Sejalan dengan Trianto, Abidin (2010: 159) membagi tahapan strategi
PQ4R ke dalam tiga tahap yaitu:
1) Tahap prabaca
Tahap ini terdiri atas :
a) mempersiapkan bahan bacaan;
Pengajar mempersiapkan teks untuk bahan bacaan mahasiswa, selanjutnya pengajar menjelaskan secara garis besar. Kemudian pengajar juga memperkenalkan strategi
PQ4R kepada setiap mahasiswa.
b) mahasiswa membaca teks yang diberikan pengajar; dan
c)
mahasiswa menyusun pertanyaan berdasarkan hasil bacaan yang
dilakukan sekilas dan dijawab setelah melalui proses membaca.
2) Tahap membaca
a)
Membaca dalam hati.
Membaca dalam hati dilakukan untuk menjawab pertanyaan yang telah
diajukan sebelumnya. Kegiatan membaca ini sebaiknya dilakukan
dengan membaca cepat. Jika mahasiswa menemukan jawabannya,
mahasiswa dapat membaca dengan lambat sambil menulis jawabannya.
b) Refleksi
Pada tahap ini mahasiswa membandingkan informasi yang telah
diperoleh dengan informasi yang baru didapat dari wacana yang
diberikan pengajar. Proses berfikir kreatif dibutuhkan pada tahap ini,
maksudnya mahasiswa harus bisa mengembangkan informasi yang baru
didapat di atas informasi lama yang telah dimilikinya.
c) Menceritakan kembali
Pada tahap ini mahasiswa menyusun jawaban pertanyaan yang
merupakan hasil perpaduan antara pengetahuan lama yang telah
dimiliki dengan informasi baru. Selanjutnya mahasiswa menceritakan
kembali wacana tersebut tanpa melihatnya.
3) Tahap pascabaca
Tahapan ini hanya terdiri dari satu kegiatan yaitu meninjau ulang.
Mahasiswa menceritakan kembali pemahaman
isi teks dan untuk
meyakinkan mahasiswa dapat membaca sekilas kembali teks yang diberikan

Download file aslinya disini

 artikel sebelumnya Strategi PQ4R




Ranking: 5
 
© Download Gratis Area All Rights Reserved