Karakteristik Perkembangan Anak Usia 3-4 Tahun

Usia Play Group berkisar antara usia 2 sampai dengan 4 tahun. Penelitian ini
akan dibatasi pada anak Play Group besar yang berusia 3 sampai 4 tahun. Pada
usia ini, anak memiliki karakteristik perkembangan yang berbeda dengan orang
dewasa. Usia ini merupakan usia yang unik dan memiliki rasa ingin tahu yang
besar. Masa ini merupakan saat yang potensial untuk terus diberikan stimulasi,
karena pada masa ini tergolong pada masa golden age.
Dalam Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (2004: 12) terdapat beberapa
ciri yang menjadi tonggak dalam perkembangan anak prasekolah yaitu:
melanjutkan pengendalian pada gerakan kasar dan halus; peningkatan
perkembangan bahasa; menggunakan bahasa untuk memecahkan masalah;
menggunakan bahasa untuk memperkuat main dengan teman sebaya dan
orang dewasa; munculnya hubungan sosial bekerjasama dengan anak
lainnya; mampu menggunakan berbagai jenis bahan main; kemajuan dari
main sensorimotor atau main proses ke kemampuan untuk mewakili dunia
nyata dalam balok, papan lukis, dan bermacam-macam bahan main
pembangunan lainnya.
Perkembangan ini perlu difasilitasi atau didukung oleh lingkungan yang
harus disediakan sebagai pendukung perkembangan tersebut, hal ini juga terdapat
dalam Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (2004: 12) mengenai lingkungan
yang perlu disediakan untuk anak prasekolah yaitu:
harus menyediakan kesempatan main di dalam dan di luar ruangan; harus
menyediakan kesempatan kepada anak untuk mengadakan hubungan dengan
orang dewasa dan anak lainnya dalam lingkungan yang kaya akan bahasa;
harus menyediakan pengalaman dengan musik, sajak, dongeng, dan main
peran untuk memperkuat perkembangan bahasa; harus ada orang dewasa
yang mencontohkan dan mendukung perkembangan bahasa anak untuk
memecahkan masalah; harus menyediakan bermacam-macam bahan main
yang mendukung tiga jenis main (main sensorimotor, peran, dan
pembangunan); harus menyediakan kesempatan harian untuk anak main
dengan bermacam-macam bahan main; harus ada orang dewasa yang
memiliki pengetahuan tentang perkembangan anak dan mengunakan
pengetahuan tersebut untuk mendukung perkembangan anak melalui
bermain.
Dari ungkapan tersebut perlu diketahui aspek-aspek perkembangan yang
terjadi pada anak agar perkembangan anak dapat berjalan dengan sempurna.
Aspek perkembangan ini dibagi menjadi lima bagian yang terdiri dari
perkembangan fisik atau motorik, perkembangan kognitif, perkembangan sosial,
perkembangan bahasa, dan perkembangan emosi.


Download file aslinya disini


artikel sebelumnya Pengertian Pembelajaran komputer Model Games

Ranking: 5
 
© Download Gratis Area All Rights Reserved