Jenis-jenis Strategi Pembelajaran

Strategi-strategi dalam pembelajaran terdiri atas berbagai jenis. Menurut
Subriyantoro dkk (Iskandarwassid dan Sunendar, 2008: 11) strategi pembelajaran
dapat dibagi berdasarkan karakteristik belajar setiap individu. Pembagiannya
menjadi:
1) Strategi mengulang;
Strategi ini terdiri atas strategi mengulang sederhana dan mengulang
kompleks. Strategi mengulang sederhana digunakan dalam membaca ulang
untuk menghapal suatu hal.
2) Strategi elaborasi;
Stategi elaborasi adalah proses penambahan rincian sehingga informasi baru
lebih bermakna. Penambahan rincian dilakukan dalam pembuatan catatan.
Pembuatan catatan ini menghubungkan informasi yang telah didapat dengan
informasi yang telah didapat. Contoh strategi elaborasi adalah PQ4R
(Preview, Question, Read, Reflect, Recite dan Review).
3) Strategi organisasi;
Strategi organisasi terdiri dari pengelompokan ulang ide-ide atau istilah
menjadi bagian yang lebih kecil. Bentuk strategi ini adalah outline ( membuat
garis besar) dan mapping (peta konsep).
4) Strategi metakognitif;
Strategi ini berhubungan dengan berfikir sendiri dan kemampuan
menggunakan strategi yang tepat. Metakognisi memiliki dua komponen, yaitu
pengetahuan tentang kognisi dan mekanisme pengendalian atau monitoring
kognisi.
Berbeda dengan Subriyantoro, Tagliante (1994: 126) membagi strategi
dalam pembelajaran menjadi :
1) La lecture repérage. Rechercher des informations précises et ponctuelles
yang berarti mencari informasi yang jelas dan akurat dari sebuah teks.
2) La lecture écrémage. Aller à l’essentiel, trouver les mots clés significatifs de
ce qui est important, intéressant et ou nouveau. Yaitu menemukan informasi
penting dengan cara menemukan kata kunci yang penting, menarik dan baru.
3) La lecture survol. Comprendre
l’intéret global d’un texte long ou d’un
l’ouvrage maksudnya memahami secara global suatu teks panjang atau suatu
karya sastra.
4) La lecture approfondissement. Réfléchir, analyser en detail, mémoriser.
Artinya berfikir, menganalisi secara rinci suatu teks, dan mengafalkannya.
5) La lecture de loisir et de détente. Pour se faire plaisir yang berarti membaca
untuk kesenangan.

Download file aslinya disini

baca juga Pengertian Strategi Pembelajaran

Ranking: 5
 
© Download Gratis Area All Rights Reserved