Jenis Bahan Ajar

Abdul Majid (2007:173-183) mengelompokkan bahan ajar ke dalam
empat jenis yaitu: “Media tulis, audio visual, elektronik, dan interaktif.”
1) Bahan ajar cetak
Bahan cetak merupakan materi pembelajaran yang paling banyak
digunakan. Bahan cetak dapat ditampilkan dalam berbagai bentuk seperti buku
teks, buku penuntun, tersusun secara baik maka jurnal, makalah, dan artikel. Jika bahan ajar cetak bahan ajar akan mendatangkan beberapa
keuntungan seperti yang dikemukakan oleh Steffen Peter Ballstaedt dalam
Abdul Majid (2007:173) antara lain:
a. Bahan tertulis biasanya menampilkan daftar isi, sehingga
memudahkan guru untuk menunjukkan kepada peserta didik bagian
mana yang sedang di pelajari.
b. Biaya untuk pengadaannya relatif lebih sedikit.
c. Bahan tertulis cepat digunakan dan dapat dengan mudah
dipindah- pindahkan.
d. Menawarkan kemudahan secara luas dan kreativitas bagi
individu.
e. Bahan tertulis relatif ringan dan dapat di baca di mana saja.
f. Bahan ajar yang baik akan dapat memotivasi pembaca untuk
melakukan aktivitas, seperti menandai, mencatat, membuat
sketsa.
g. Bahan tertulis dapat dinikmati sebagai dokumen yang bernilai
besar.
h. Pembaca dapat mengatur tempo secara mandiri.
2) Bahan ajar dengar (audio)
Bahan ajar audio dapat menampilkan pesan yang memotivasi disamping
menarik dan memotivasi siswa untuk mempelajari lebih banyak. Azhar Arsyad
dalam Abdul Majid (2007:173) menjelaskan bahwa materi audio dapat
digunakan untuk:
1. Mengembangkan keterampilan mendengarkan dan mengevaluasi apa
yang telah di dengar.
2. Mengatur dan mempersiapkan diskusi atau dapat debat dengan
mengungkapkan pendapat-pendapat para ahli yang berada jauh dari
lokasi.
3. Menjadikan model yang akan ditiru oleh siswa.
4. Menyiapkan varasi yang menarik dan perubahan-perubahan tingkat
kecepatan belajar mengenai pokok bahasan dan sesuatu masalah.
3) Bahan ajar pandang dengar (audio visual)
Visualisasi pesan atau informasi yang ingin di sampaikan kepada
siswa dapat di kembangkan dalam bentuk, seperti foto, gambar atau ilustrasi,
sketsa/gambar garis, grafik, bagan, chart, dan gabungan dari dua atau lebih.
Salah satu bentuk bahan ajar pandang
berbentuk dengar adalah bahan ajar yang
program video/film. Menurut Abdul majid (2007:180), “Program
video/film biasanya disebut sebagai alat bantu pandang dengar (audio visual
aids/audio visual media), beberapa keuntungan yang di dapat jika bahan ajar
disajikan dalam bentuk video/film, antara lain:
a. Dengan video/film seseorang dapat belajar sendiri.
b. Sebagai media pandang dengar video/film menyajikan situasi yang
komunikatif dan dapat diulang-ulang.
c. Dapat menampilkan sesuatu yang detail dari benda yang
bergerak, kompleks, yang sulit dilihat dengan mata.
d. Video dapat dipercepat maupun di perlambat, dapat di ulang pada
bagian tertentu yang perlu lebih jelas, dan bahkan dapat diperbesar.
e. Memungkinkan
pula untuk membandingkan antara dua adegan
berbeda diputar dalam waktu bersamaan.
f. Video juga dapat digunakan sebagai tampilan nyata dari suatu
adegan, mengangkat suatu situasi diskusi, dokumentasi, promosi
suatu produk, interview, dan menampilkan satu percobaan yang
berproses.
4) Bahan ajar interaktif
Bahan ajar interaktif menurut Guidelines for Bibliographi Description
of Interactive Multimedia dalam Abdul Majid (2007:181) dijelaskan sebagai
berikut: “Multimedia interaktif adalah kombinasi dari dua atau lebih media
(audio, teks, grafik, gambar, animasi, dan video) yang oleh penggunanya di
manipulasi untuk mengendalikan perintah dan perilaku alami dari suatu
presentasi. Saat ini sudah mulaibanyak orang memanfaatkan bahan ajar ini,
karena di samping menarik juga memudahkan bagi penggunanya dalam
mempelajari
suatu bidang tertentu. Biasanya bahan ajar multimedia dirancang
secara lengkap mulai dari petunjuk penggunaannya hingga penilaian.”
Materi pembelajaran (instructional materials) adalah pengetahuan,
keterampilan, dan sikap yang harus diajarkan guru dan dipelajari siswa untuk
mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar. Ada beberapa jenis materi
pelajaran. Jenis-jenis itu adalah fakta, konsep, prinsip, prosedur, dan sikap a
nilai.
Dari berbagai pendapat di atas dapat disarikan bahwa bahan ajar adalah
merupakan seperangkat materi yang disusun secara sistematis sehingga tercipta
lingkungan/suasana yang memungkinkan siswa untuk belajar. Sebuah bahan ajar
paling tidak mencakup antara lain :
a. Petunjuk belajar (Petunjuk siswa/guru)
b. Kompetensi yang akan dicapai
c. Content atau isi materi pembelajaran
d. Informasi pendukung
e. Latihan-latihan
f. Petunjuk kerja, dapat berupa Lembar Kerja (LK)
g. Evaluasi
h. Respon atau balikan terhadap hasil evaluasi


Download File Aslinya Disini


baca juga Pengertian Bahan Ajar

Ranking: 5
 
© Download Gratis Area All Rights Reserved