Hakikat Membaca dan Tujuan Membaca

Hakikat Membaca
Ada berbagai pendapat dari ahli dalam mengungkapkan pengertian
membaca. Menurut Tarigan (2008: 7) membaca adalah suatu proses yang
dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan, yang hendak
disampaikan oleh penulis melalui media kata-kata/bahasa tulis. Sedangkan
menurut Soedarso (2000: 2) membaca adalah aktivitas yang kompleks yang
mengarahkan sejumlah besar tindakan yang terpisah.
Membaca menurut KBBI (Depdiknas, 2003: 78) adalah melihat serta
memahami isi dari apa yang tertulis. Dari segi linguistik, membaca adalah
suatu proses penyandian kembali dan pembacaan sandi (a recording and
decoding prosess). Dalam kamus Larousse (2008: 516) dijelaskan bahwa
membaca adalah prendre connaissance du contenu d’un texte yang berarti
mengambil pengetahuan dari isi teks.
Dari beberapa pengertian membaca di atas, peneliti menyimpulkan
bahwa membaca adalah suatu proses melihat yang kemudian dilanjutkan
dengan memikirkan tentang apa yang tertulis dan dilanjutkan dengan
menafsirkan arti yang tertulis. Membaca juga merupakan proses memahami
informasi yang dari sebuah teks baik yang tersirat maupun yang tersurat.
Tujuan Membaca
Tujuan utama dari membaca adalah untuk mencari serta memperoleh
informasi, mencakup isi, pemahaman makna bacaan (Tarigan 2008: 9).
Sementara itu, Anderson (Tarigan 2008: 11), mengatakan tujuan darimembaca
adalah untuk:
1) memperoleh perincian dari tokoh-tokoh dalam wacana (rading for detail
or facts);
2) mengetahui ide-ide utama dari sebuah cerita (reading for main ideas);
3) mengetahui urutan dan susunan organisasi cerita (reading for sequence
or organisation);
4) menyimpulkan sebuah cerita (reading for inference).
5) mengelompokkan dan mengklasifikasikan (reading to classify);
6) mengevalusi dan menilai tokoh (reading to evaluate); dan
7) membandingkan dan mempertentangkan dua cerita yang berbeda
(reading to evaluate).
Dari pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa banyak tujuan yang
dapat dicapai mahasiswa dengan membaca. Tetapi, sebaiknya mahasiswa
memiliki suatu tujuan saja supaya lebih mudah memahami bacaan dari pada
mahasiswa yang tidak memiliki tujuan membaca. Berbeda dengan Anderson,
Rohim (2008: 11) mengungkapkan tujuan membaca sebagai berikut:
1) kesenangan;
2) menyempurnakan membaca nyaring;
3) menggunakan strategi tertentu;
4) memperbaharui pengetahuan tentang suatu topik;
5) mengaitkan informasi baru dengan informasi yang telah diketahui;
6) memperoleh informasi untuk laporan lisan dan tulisan;
7) mengkonfirmasi atau menolak prediksi; dan
8) menampilkan suatu eksperimen atau mengaplikasikan informasi yang
diperoleh dari suatu teks dalam beberapa cara lain dan mempelajari
tentang struktur teks.
Sementara itu, tujuan membaca menurut Cicurel (1991: 18) adalah:
1) Pour se distraire ou passer le temp;
2) Pour s’informe (les nouvelles du monde ou les horaires d’un train;
3) Pour étudier (raduir, expliquer des textes approfondir ses connaissances,
corriger une copie, faire un exposé;
4) Pour faire une action (lire d’emploi);
5) Pour chanter, prier, reconteur une histoire;
6) Pour s’endormir; et
7) Pour connaître la littérature
Dari penjelasan Circurel di atas, peneliti menarik kesimpulan bahwa tujuan
dari membaca untuk :
1) mendapatkan hiburan atau mengisi waktu luang;
2) mendapatkan informasi tentang berita-berita dunia atau jadwal keberangkatan kereta api;
3) belajar seperti menerjemahkan, menerangkan maksud dari wacana,
menambah pengetahuan, menyalin kembali dan persentasi;
4) menerangkan suatu kegiatan seperti membaca petunjuk pemakaian;
5) menyanyi, berdoa, dan menceritakan sebuah cerita;
6) pengantar tidur; dan
7) mempelajari kesusastraan.
Sejalan dengan Anderson dan Circurel, Audrey dan Réa juga mengungkapkan tujuan
dari membaca yang tersedia pada situs
http://www.cafepedagogique.net/lemensuel/lenseignant/documentation/Pages/2
006/75_Lecture.aspx bahwa “Le but de la lecture est d'accéder au sens précis
des mots, puis des phrases et non pas seulement au bruit des mots" yang
menyebutkan bahwa tujuan dari membaca adalah untuk mengakses makna
yang tepat dari kata dan frase dan bukan hanya suara kata-kata.
Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya
tujuan dari membaca adalah untuk mendapatkan sebuah informasi. Selain itu
membaca juga dapat menghubungkan informasi yang telah didapat dengan
informasi yang baru didapat. Seringkali mahasiswa memiliki tujuan membaca
lebih dari satu. Akan tetapi, biasanya mahasiswa memiliki satu tujuan utama
dalam membaca. mahasiswa harus memfokuskan pencapaian tujuan utama
sebelum tujuan lainnya.

Download file aslinya disini

artikel sebelumnya Keunggulan dan kelemahan strategi PQ4R

Ranking: 5
 
© Download Gratis Area All Rights Reserved