Pengertian pendidikan dan pelatihan

Pendidikan dan pelatihan adalah upaya untuk mengembangkan
sumber daya manusia, terutama untuk mengembangkan kemampuan
intelektual dan kepribadian manusia. Penggunaan istilah pendidikan
dan pelatihan dalam suatu institusi atau organisasi biasanya disatukan
menjadi diklat (pendidikan dan pelatihan). Unit yang menangani
pendidikan dan pelatihan pegawai atau karyawan lazim disebut
pusdiklat (pusat pendidikan dan pelatihan) atau bidang yang lebih
khusus biasanya disebut juga PPSDM (Pengembangan Program
Sumber Daya Manusia).
Pendidikan (formal) di dalam suatu organisasi adalah suatu
proses pengembangan kemampuan ke arah yang diinginkan oleh
organisasi yang bersangkutan. Pelatihan (training) sering disatukan
penggunaannya dengan latihan (practice atau exercise) ialah bagian
dari suatu proses pendidikan, yang tujuannya untuk meningkatkan
kemampuan atau keterampilan khusus seseorang atau sekelompok
orang, sedangkan latihan ialah salah satu cara untuk memperoleh
keterampilan misalnya, latihan menari, latihan naik sepeda, latihan
baris berbaris dan sebagainya
Pendidikan pada umumnya berkaitan dengan mempersiapkan
calon tenaga yang diperlukan oleh suatu instasi atau organisasi,
sedangkan pelatihan lebih berkaitan dengan peningkatan kemampuan
atau keterampilan karyawan yang sudah menduduki suatu pekerjaan
atau  tugas  tertentu.  Dalam  suatu  pelatihan,  orientasi  atau
penekanannya pada tugas yang dilaksanakan (job orientation),
sedangkan pendidikan lebih pada pengembangan kemampuan umum.
Pelatihan pada umumnya menekankan pada kemampuan psikomotor,
meskipun  didasari  pengetahuan  dan  sikap,  sedangkan  dalam  pendidikan ketiga area kemampuan tersebut (kognitif, afektif, dan  psikomotor)  memperoleh  perhatian  yang  seimbang.  Melihat
orientasinya kepada pelaksanaan tugas serta kemampuan khusus pada
sasaran, maka jangka waktu pelatihan itu pada umumnya lebih pendek
daripada pendidikan. Demikian pula metoda belajar mengajar yang
digunakan pada pelatihan lebih inovatif dibandingkan dengan
pendidikan. Pada akhir proses pelatihan biasanya peserta hanya
memperoleh sertifikat, sedangkan pada akhir pendidikan peserta pada
umumnya memperoleh ijazah atau gelar.
Lebih lanjut lagi Notoatmodjo (2003:28) berpendapat bahwa:
Pendidikan (formal) di dalam suautu organisasi adalah suatu
proses pengembangan keampuan ke arah yang diinginkan oleh
suatu organisasi yang bersangkutan. Sedangkan pelatihan ialah
merupakan bagian dari suatu proses pendidikan yang tujuannya
untuk meningkatkan kemampuan atau keterampilan khusus
seseorang atay sekelompok orang.
pendidikan dan pelatihan
mempunyai perbedaan orientasi. Pendidikan lebih bersifat teoritis serta
lebih banyak menekankan pada usaha pembinaan mental dan
kewajiban (tingkah laku, kedewasaan, berpikir dan kepribadian),
sedangkan pelatihan bersifat praktek, lebih banyak meningkatkan pada
peningkatan kemampuan dan keterampilan untuk menangani suatu
pekerjaan. Keduanya sama-sama penting dalam lingkungan kerja
karena saling mengisi. Berkaitan dengan hal tersebut di atas dapat
ditarik kesimpulan bahwa pendidika dan pelatihan akan dipergunakan
secara beriringan karena yang ditonjolkan bukan perbedaan dari kedua istilah tersebut, melainkan pentingnya kedua jenis kegiatan itu sebagai
perwujudan kamauan pimpinan organisasi untuk melakukan investasi
dalam rangka pengembangan sumber daya manusia.

Download file aslinya disini


Silahkan baca juga Penerapan Media Lingkungan Sekitar Pada Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi

Ranking: 5
 
© Download Gratis Area All Rights Reserved